9 Tempat Wisata di Yogya yang Romantis untuk Pacaran

Tempat RomantisYogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi turis. Mulai dari turis mencanegara, sampai wisatawan asing. Semua mendatangi Yogya dengan alasannya sendiri-sendiri.Kebanyakan, mereka mendatangi Yogya karena memang kota ini menawarkan banyak hal yang bisa melepaskan penat dan bisa melepaskan stress.

Mulai dari wisata sejarah, wisata budaya, wisata kuliner, hingga wisata alamnya bisa membuat banyak orang melupakan kepenata aktivitasnya sehari-hari.

Banyak juga yang datang ke Yogya untuk melakukan liburan romantis.

Mereka mengajak pasangannya jalan-jalan di kota yang cantik ini. Bahkan, ada pepatah lama yang menyebut bahwa setiap sudut kota Yogya itu romantis.

Semua tempat yang ada di Yogya seakan memberikan kesan dan makna romantis tersendiri. Dan setiap orang akan menyimpan dan meninggalkan memori di suatu tempat romantis di Yogyakarta.

Hanya saja, banyak orang yang kebingungn ketika akan mengajak kekasihnya saat di Yogya. Saking banyaknya tempat romantis, kita jadi kesulitan memilih tempat terbaik untuk menghabiskan waktu bersama sang pujaan hati.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tempat wisata atau kawasan romantis di Yogyakarta.

1.   Sindu Kusuma Edupark
Edupark bernama Sindu Kusuma ini merupakan kawasan bermain sambil belajar. Di dalamnya terdapat banyak wahana permainan yang bisa dinikmati. 
9 Tempat Wisata di Yogya yang Romantis untuk Pacaran
Photo by @skedupark
Walaupun merupakan tempat wisata yang terhitung baru di Yogyakarta, kawasan menawarkan banyak aktivitas yang bisa dilakukan bersama dengan orang terkasih.
Mulai dari bermain trampolin, flying bycycle, bumper car, hingga kincir ria. Saat kita menaiki kincir ria atau ferris wheel yang bernama Cakra Manggilingan, kita bisa menyaksikan pemandangan kota Yogya bersama dengan pasangan. Terutama saat kita berada di titik tertinggi.

2.   Kalibiru

Warga masyarakat Hargowilis lewat Komunitas Lingkar mengelola salah satu kawasan yang cantik di Yogyakarta, yaitu kawasan Kalibiru.
9 Tempat Wisata di Yogya yang Romantis untuk Pacaran
Photo by @kalibiruwisata
Pada awalnya, wisata Kalibiru dikelola untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang tinggal di sekitar situ. Kawasan ini punya pemandangan yang sangat indah karena berada di ketinggian. Dari puncaknya, pengunjung bahkan bisa melihat hamparan Waduk SErmo Kulon Progo.
Menyaksikan pemandangan indah dari atas rumah pohon akan terasa sangat romantis jika dilakukan bersama dengan pacar atau pujaan hati.

3.   Benteng Vredeburg

Titik 0 kilometer kota Yogyakarta dan juga Benteng Vredeburg juga bisa menjadi pilihan berlibur romantis bersama kekasih. Lokasi ini memiliki bangunan yang kuno dan juga sangat megah. Karena merupakan peninggalan dari zaman Belanda.
9 Tempat Wisata di Yogya yang Romantis untuk Pacaran
Photo by @lintangnoviantara
Kita bisa melakukan berbagai aktivitas romantis di sini. Mulai dari berfoto bersama, sampai ke belajar sejarah tentang Yogyakarta dari masa kerajaan, penjajahan, kemerdekaan, hingga saat ini di Yogyakarta.

4.   Taman Sari Keraton

Taman Sari merupakan sebuah tempat pemandian Raja Mataram dan juga para istrinya di masa kerajaan. Tempat pemandian ini, kemudian menjadi sebuah ikon dan tempat wisata budaya sekaligus sejarah di Yogyakarta.
9 Tempat Wisata di Yogya yang Romantis untuk Pacaran
Photo by @liindawidiastuty
Setelah tidak ada lagi aktivitas Keraton yang dilakukan di sini, Taman Sari kemudian secara penuh menjadi sebuah tempat wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan untuk mempelajari budaya dan juga sejarah dari tempat yang cantik ini.
Taman Sari kini menjadi tempat yang romantis di Yogyakarta. Kita bisa menikmati suasana romantis dan budaya artistik peninggalan zaman kerajaan. Taman Sari kini menjadi sebuah temat yang sering dijadikan tempat untuk foto pre-wedding. Tidak mengherankan karena memang tempat ini sangat menarik dan artistik, di samping juga romantis untuk dinikmati.

5.   Alun-Alun Kidul

Yogya berubah ketika malam hari. Suasanyanya menjadi lebih meriah dan juga romantis. Ditemani lampu-lampu kota, udara yang sejuk, dan beragam aktivitas yang bisa dilakukan di sana, menjadikan suasana romantis semakin terasa.
9 Tempat Wisata di Yogya yang Romantis untuk Pacaran
Photo by @lchristig
Hal tersebut bisa dirasakan di kawasan Alun-Alun Kidul Yogyakarta. Kawasan yang dipagi harinya menjadi tempat untuk berolah raga ini berubah menjadi sebuah kawasan yang ramai dengan beragam kuliner dan kegiatan yang bisa dilakukan di malam hari.
Di malam hari, di kawasan ini terdapat becak yang sudah dimodifikasi dengan lampu-lampu cantik. Kita bisa menaikinya bersama dengan kekasih bersama mengelilingi Alun-alun Kidul dengan romantis.
Becak-becak ini bisa disewa dengna harga sekitar 15 ribu hingga 30 ribu Rupiah untuk dua kali putaran Alun-Alun Kidul. Harga tersebut tergantung pada model dari becak hias yang ada.

6.   Sendratari Ramayana

Pertunjukan Sendratari Ramayana biasanya diadakan di Candi Prambanan setiap hari Selasa, Kamis, dan juga Sabtu. Acara ini dimulai pada malam hari pukul 19.30 WIB.
9 Tempat Wisata di Yogya yang Romantis untuk Pacaran
Photo by @catherine_cathy
Biasanya, pagelaran teater ini diadakan di Bulan Mei hingga Oktober. Suasana romantis ini didapatkan dari kisahnya dan juga pertunjukkannya yang megah, dengan berlatarkan Candi Prambanan.
Sementara untuk bukan November hingga April, biasanya pagelaran juga tetap dilakukan. Hanya saja tidak dilakukan di kawasan terbuka, melainkan di Gedung Trimurti yang memang tidak jauh tempatnya dari Candi Prambanan.

7.   Candi Ratu Boko

Tidak jauh dari Candi Prambanan, Candi Ratu Boko merupakan tempat yang romantis. apalagi saat didatangi pada sore hari dengan pacar. Lokasinya yang berada di atas bukit Bokoharjo ini memiliki pemandangan menakjubkan yang sangat cantik.
9 Tempat Wisata di Yogya yang Romantis untuk Pacaran
Photo by @prayogi_rahmat
Candi ini merupakan tempat melihat sunset atau matahari tenggelam terbaik di Yogyakarta. Sangat romantis karena matahari akan tenggelam dengan siluet candi gapura utama yang menghiasi pemandangannya. Banyak pasangan yang mengabadikan foto saat sunset di Candi Ratu Boko.
Memang, berfoto saat sunset sendiri tidak akan terlihat jelas. Tapi, kita bisa membuat siluet indah bersama pacar dengan tambahan siluet Candi Ratu Boko yang megah di sana.

8.   Kebun Buah Mangunan

Terletak di kawasan Imogiri Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kebun Buah Mangunan akan memberikan kesan romantis berada di atas awan.
9 Tempat Wisata di Yogya yang Romantis untuk Pacaran
Photo by @agito_photoseditor
Tempat ini sungguh romantis dengan suasana alam yang menakjubkan, udara yang menyejukkan, dan suasana yang menyenangkan.
Apalagi, jika kita datang bersama pacar. Kesan romantis bisa terasa dari menyaksikan pemandangan hamparan awan di dataran tinggi ini. Dari atas tebing semuanya terlihat sangat cantik dan menarik.
Kita juga bisa menyaksikan sunrise yang indah dari atas tebing Kebun Buah Mangunan ini. Kita hanya perlu untuk datang sebelum matahari terbit. Tidak perlu khawatir, karena kawasan ini sudah buka mulau pukul 05.00 pagi.

9.   Taman Pelangi

Setelah malam tiba, ada tempat yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama dengan pacar. Yaitu kawasan Taman Pelangi. Tempat ini memiliki lampu-lampu lampion yang cantik saat menyala di malam hari. Di sini, kita dan pasangan bisa duduk di pinggir kolam sambil menikmati cantiknya kerlap kerlip lampu di Taman Pelangi.
9 Tempat Wisata di Yogya yang Romantis untuk Pacaran
Photo by @endahnftr_
Bahkan, di sini juga terdapat live musik yang dilakukan di sudut kolam. Kita bisa menikmati musik sambil menikmati pemandangan dan menyantap berbagai cemilan yang ada.
Bahkan, untuk membuat suasana menjadi lebih romantis, kita bisa menyewa panggung kecil live musik tersebut dan menyanyikan lagu untuk pacar kita. Tentunya hal tersebut bisa membuat suasana menjadi lebih romantis lagi.